Home » » Eksotisme Keindahan Pulau Randayan

Eksotisme Keindahan Pulau Randayan

Google Maps : garis merah route perjalanan menuju Pulau Randayan


Indonesia, negeri kita tercinta memang Negara kepulauan yang sangat indah. Banyak pulau yang memiliki keindahan luar biasa nan eksotis. Keindahan panorama dan pemandangan bawah lautnya membuat orang jatuh cinta ketika memandangnya. Salah satu kekayaan wisata bahari Indonesia terletak di Provinsi Kalimantan Barat, yaitu pulau Randayan. Pulau ini juga menjadii ikon pariwisata Provinsi Kalimantan Barat.
Pesona alamnya memang tidak ada bandingnya di Provinsi ini. Keindahan pantai, laut, dan segala isinya akan memanjakan setiap mata yang memandangnya. Pulau Randayan berada di sebelah utara daerah pesisir Provinsi Kalimantan Barat. Pulau Randayan merupakan pulau yang kecil. Untuk mengelilingnya saja anda hanya memerlukan waktu setengah jam dengan berjalan kaki.
Pulau Randayan memiliki hamparan pasir putih yang luas dan indah. Pohon pohon nyiur melambai tertiup angin. Air laut Pulau Randayan yang jernih dan tidak terlalu dalam memungkinkan Anda untuk melihat dengan jelas terumbu karang dan ikan berwarna-warni yang berada di dalamnya,
Berdasarkan informasi dan data yang ada, Pulau Randayan memiliki pasir seluas 4,77 hektar, karang hidup 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, dan lamun 0,63 hektar. Kekayaan alam yang cukup menantang untuk dijelajahi. Terumbu karang di Pulau Randayan tumbuh subur dan berkembang biak di bawah laut. Berbagai jenis ikan tropis dapat Anda temui ketika menjelajahi keindahan bawah laut Pulau Randayan. Pulau randayan meliputi aspek 3A yaitu : atraksi, aksesbilitas, dan amenitas.

1.    Atraksi
a.    Keindahan alam.
Pulau Randayan memiliki hamparan pasir putih yang luas dan indah. Pohon-pohon nyiur melambai tertiup angin. Air laut Pulau Randayan yang jernih dan tidak terlalu dalam memungkinkan Anda untuk melihat dengan jelas terumbu karang dan ikan berwarna-warni yang berada di dalamnya. Di dasar laut Pulau Randayan, terdapat banyak misteri kehidupan. Dari perilaku hidup terumbu-terumbu karang, hingga kisah-kisah makhluk hidup lainnya. Mereka tumbuh dan berkembang biak secara alami dalam sebuah mata rantai kehidupan. Berdasarkan catatan yang ada, Pulau Randayan memiliki karang hidup sekitar 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektare, lamun 0,63 hektar, dan pasir seluas 4,77 hektare. Keindahan alam Pulau Randayan dapat Anda nikmati dengan menyelam atau snorkeling. Untuk melakukan snorkeling, Anda tidak memerlukan peralatan yang lengkap. Cukup dengan kacamata renang, anda sudah bisa menikmati berbagaibiota bawah laut yang begitu mempesona. KEKAYAAN alam Pulau Randayan luar biasa. Di dasar lautnya tak hanya menyuguhkan tumbuhan nan indah, tapi juga perilaku hidup ikan-ikan kecil. Seperti ikan nemo, hidup di antara karang-karang beracun. Ikan ini bahkan tak lari, kendati penyelam mendekatinya. Ikan badut itu ada 29 jenis, bahkan lebih. Seluruhnya berpenampilan cantik dan lucu. Ikan badut rata-rata berukuran kecil. Panjangnya kisaran 10-15 cm. Warna kulit cerah dengan tubuh lebar, dilengkapi mulut kecil. Sisiknya relatif besar dengan sirip dorsal.

2.    Aksesbilitas.
Menuju pulau Randayan, Anda bisa bertolak dari Teluk Suak. Perjalanan dari Pontianak menuju Teluk Suak dapat ditempuh selama ±2,5 jam, jarak sekitar 115 km, atau 32 kilometer dari kota singkawang dengan biaya bus dari pontianak ke teluk suak satu orang ±Rp20.000.
Dari Teluk Suak Anda dapat menggunakan speed boat dengan tarif pulang pergi 150 ribu rupiah, sedangkan tarif perahu motor adalah 30 ribu rupiah.  Alternatif lain, Anda dapat menggunakan perahu motor atau kapal khusus. Tetapi, Anda harus berangkat dari Pasir Panjang. Tarif kapal khusus adalah 100 ribu rupiah, Perjalanan yang ditempuh cukup dekat.
Di Pulau ini juga terdapat heli pad, tepatnya di sebuah bukit di belakang vila. Mungkin heli pad ini biasa digunakan oleh pemilik pulau. Randayan adalah pulau pribadi yang telah disulap menjadi sebuah wisata bahari yang mempesona.

3.    Amenitas.
Untuk menginap, Anda dapat menyewa villa atau cottage dengan berbagai harga, mulai dari ± Rp150 ribu permalam untuk satu keluarga..Cukup Dilengkapi dengan pemandangan pasir putih membentang, Pohon kelapa tertiup angin kencang. Pulau ini memiliki keuntungan akan menawan alami.Hal ini memungkinkan Anda menikmati panorama pulau dan laut langsung dari vila yang Anda tinggali.
Pulau Randayan merupakan salah satu pulau di kepulauan Lemukutan Besar yang terletak Laut Cina Selatan dan bagian timur pulau Kalimantan. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Kalimantan Barat yang menawarkan keindahan alam dan kehidupan bawah laut yang masih alami.
Di dasar laut Pulau Randayan, terdapat banyak misteri kehidupan. Dari perilaku hidup terumbu-terumbu karang, hingga kisah-kisah makhluk hidup lainnya. Mereka tumbuh dan berkembang biak secara alami dalam sebuah mata rantai kehidupan yang laut yang unik. kondisi geografis pulau ini sangat layak dikunjungi. Letaknya sangat strategis dan aman serbuan ombak besar Laut Natuna. Berdasarkan catatan yang ada, Pulau Randayan memiliki karang hidup sekitar 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, lamun 0,63 hektar, dan pasir seluas 4,77 hektar. Kondisi itu sangat memungkinkan bagi siapa pun yang memiliki hobi menyelam untuk mengeksplorasi keindahan alam bawah airnya
Pantai dengan pasir putih yang luas dan pohon-pohon nyiur, menjadi pemandangan khas pantai. Keistimewaan air yang jernih dan tidak terlalu dalam, memudahkan kita menyaksikan warna-warni flora dan fauna bawah laut Pulau Randayan. Dengan hanya menggunakan kacamata dan keberanian untuk menyelam, keindahan bawah lautnya membuat terpana dan takjub.
Salah satunya adalah di Kalimantan. Kalimantan Barat mempunyai bermacam pantai cantik yang akan membuat Anda betah berlama-lama menikmati pesonanya. Salah satunya adalah di kawasan Kepulauan Lemukutan Besar. Di sini, singgahlah ke Pulau Randayan. Untuk mencapainya sebenarnya cukup sulit, akan tetapi tidak apa-apa karena nanti rasa lelah Anda akan terbayarkan.
Pertama-tama Anda harus menuju kota Pontianak terlebih dulu. Kemudian Anda harus menuju Teluk Suak. Dari Teluk Suak, Anda harus menyeberang satu kali lagi untuk mencapai pulau. Waktu perjalanan sekitar 3 jam, akan tetapi Anda tidak akan bosan karena pemandangan selama perjalanan sangat indah. Sesampainya di Pulau Randayan, ada baiknya untuk bersiap-siap karena Anda pasti akan terkejut dengan panoramanya. Airnya sangat jernih dan pemandangan bawah lautnya sangat indah. Anda pasti akan sangat ingin bersnorkling di sini. Pasirnya pun putih bersih, dibingkai oleh jajaran pohon kelapa yang seolah-olah melambai menyambut kedatangan Anda.
Fasilitas untuk wisatawan tergolong lengkap. Di sana Anda dapat menyewa perlengkapan untuk diving dan snorkeling. Bagi Anda yang hobi memancing, pulau ini juga menawarkan yang bagus untuk memancing. Ikan yang Anda tangkap bisa dimasak atau dipanggang sendiri.

0 comments:

Post a Comment

Sudahkah Anda Sholat !!!

Karimunting. Powered by Blogger.