Home » » LIMA KECAMATAN DI PESISIR WACANAKAN KABUPATEN BUKIT RAYA KEPULAUAN

LIMA KECAMATAN DI PESISIR WACANAKAN KABUPATEN BUKIT RAYA KEPULAUAN

Bengkayang. Lima kecamatan di wilayah pesisir Kabupaten Bengkayang ingin memisahkan diri. Mempermudah pelayanan publik jadi alasan menggaungkan Kabupaten Bukit Raya Kepulauan (BRK).
“Kabupaten Bengkayang yang sangat luas layak dimekarkan. Ini sebagai sarana mempermudah pelayanan kepada masyarakat, karena selama ini dari beberapa kecamatan di pesisir jauh dari Ibukota Kabupaten Bengkayang,” kata Ketua Tim Pemekaran BRK, Rawi Kepada Rakyat Kalbar, Rabu (29/10).
Tim Pemekaran menyepakati nama baru untuk Daerah Otonom Baru (DOB) dari Kabupaten Bengkayang, yaitu Kabupaten Bukit Raya Kepulauan. BRK meliputi lima kecamatan utama, yaitu Samalantan, Monterado, Capkala, Sungai Raya dan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. “Wacana pemekaran lima kecamatan semakin terarah dengan dikeluarkannya Surat Keputusan DPRD Kabupaten Bengkayang Nomor 14 Tahun 2014,” ucapnya.
Pemekaran BRK sudah memenuhi semua syarat yang diperlukan, seperti luas wilayah, jumlah penduduk, dan juga potensi daerah serta persyaratan administrasi yang dipersyaratkan. “Saat ini Tim Pemekaran sudah berjalan pada tahap pengajuan kepada Gubernur Kalbar DrsCornelis. Kemudian akan dilanjutkan ke Kementerian Dalam Negeri. Setelah itu akan dilakukan pembahasan di DPR RI,” paparnya.
Sementara itu, Alwan, anggota DPRD Bengkayang dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menegaskan, tidak ada alasan bagi anggota DPRD Bengkayang Daerah Pemilihan (Dapil) III yang meliputi Kecamatan Sungai Raya, Sungai Raya Kepulauan dan Capkala, tidak memperjuangkan pemekaran KBR dari Kabupaten Bengkayang. “Masyarakat di lima kecamatan sangat antusias, dan syarat-syarat yang dibutuhkan sudah cukup. Walau prosesnya bisa memakan waktu lama, namun saya mengajak masyarakat untuk terus mengawal prosesnya,” terang Alwan.
Anggota DPRD Bengkayang Dapil III lainnya, Zulkifli berharap, proses pemekaran cepat terealisasi. “Jika BRK terwujud, maka akan memiliki jumlah penduduk mencapai 100 ribu jiwa lebih,” ucapnya.
Di tempat terpisah, Puji Suswanto, 45, warga Bengkayang menyambut baik pemekaran BRK. Ia berharap, pelayanan akan semakin baik dan dekat menjangkau masyarakat. “Karena Kabupaten Bengkayang sangat luas. Jadi sudah selayaknya dimekarkan,” ujar Sekretaris Lembaga Bantuan Hukum Borneo (LBH-Borneo).
Sedangkan Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot menegaskan, aspirasi masyarakat harus didukung. Ia berharap masyarakat bersabar, karena prosesnya masih berjalan. “Setiap aspirasi yang baik tentu akan didukung. Buktinya saat ini proses sedang berjalan, dan Pemkab Bengkayang sebagai kabupaten induk sangat mendukung, namun perlu kesabaran dari masyarakat,” ucapnya. (kur)

( SOURCE : Rakyat Kalbar Online )

0 comments:

Post a Comment

Sudahkah Anda Sholat !!!

Karimunting. Powered by Blogger.