Home » » Armyn Menggempur Sambas

Armyn Menggempur Sambas


subhan-nur-burhanuddin-rasyid-rustam-effendi
Perjalanan sejarah pejuang Ali Anyang kembali dilanjutkan anaknya. Warga Kalbar merindukan sosok yang mewakili semua golongan dan etnis. Klaim kemenangan Sambas 90 persen.
SAMBAS – Dukungan kepada Mayjen TNI H Armyn Alianyang semakin meluas. Giliran warga di wilayah utara Kalbar yang optimis agar sosok anak pejuang itu maju dalam pilgub. Armyn dijadwalkan hari ini, Jumat (16/12) mengunjungi Sambas dan Singkawang. Sekaligus napak tilas sejarah perjuangan ayahandanya, Ali Anyang.

“Ali Anyang seorang pejuang yang patut dicontoh oleh generasi muda. Dalam hal ini pemuda harus bisa mengimplementasikan semangat rela berkorban,” kata H Subhan Nur, tokoh masyarakat Kabupaten Sambas, Kamis (15/12), di sela-sela menyiapkan agenda penyambutan Armyn di Museum Perjuangan Sambas.
Menurut Subhan yang juga pengusaha ini, kehadiran Armyn sangat dirindukan masyarakat Kalbar untuk meneruskan jejak perjuangan ayahnya. “Makanya kita selenggarakan napak tilas sejarah perjuangan Ali Anyang. Selain itu pengukuhan kepengurusan AAC Kabupaten Sambas,” ujar dia.
Menurut dia, bagi masyarakat Sambas, Armyn adalah “orang sendiri” karena ibunya adalah orang Sambas asli dan ayahnya asal Menantak Sintang yang merupakan tokoh kebanggaan masyarakat Sambas. “Ali Anyang bersama-sama rakyat Sambas bahu-membahu berjuang melawan penjajahan asing. Banyak teman-teman seperjuangan Ali Anyang yang masih hidup dan saat ini berada di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas,” ujar dia.
Sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa Ali Anyang dan para pejuang lainnya, banyak dibuat monumen perjuangan para pahlawan tersebut oleh masyarakat Sambas. Sampai akhir hayatnya Ali Anyang meninggal dalam masa pengabdiannya untuk Sambas, Ali Anyang saat meninggalnya masih menjabat sebagai Ketua DPRD GR Kabupaten Sambas yang saat itu ibu kotanya di Singkawang, dan di Singkawang jenazah Ali Anyang dimakamkan.
Sedangkan Armyn, kata dia, lahir di ibu kota Kabupaten Sambas saat itu yaitu Singkawang. Keluarga sedarah Armyn dari pihak ibunya sangat banyak di Sambas dan tersebar di seluruh kecamatan. “Kami nyatakan di sini bahwa Armyn Alianyang adalah saudara sendiri bagi orang Sambas,” ujar Subhan.
“Desakan agar Armyn Alianyang maju sebagai calon gubernur tak bisa dihindari lagi. Itu keinginan warga Kalbar termasuk warga Kabupaten Sambas. Kami akan mendukungnya. Dapat dipastikan suara untuk Armyn Alianyang dari Kabupaten Sambas akan mencapai 90% lebih,” tegas Subhan optimis.
Jika Armyn maju pilgub, Subhan memberikan peringatan kepada calon lainnya bahwa akan percuma mengharapkan suara dari Kabupaten Sambas. Masyarakat Kabupaten Sambas, yang muslim maupun nonmuslim, yang Melayu, Tionghoa, Dayak, dan suku-suku lainnya akan bersatu memilih Armyn Alianyang yang merupakan saudara sendiri. “Armyn adalah figur pemersatu semua etnis,” kata dia.
Subhan mengharapkan agar Armyn bersedia maju dalam pilgub 2012 mendatang, karena tenaga dan pikirannya dibutuhkan oleh rakyat Kalbar yang saat ini hidupnya belum sejahtera.
Dijelaskan Subhan, semangat rela berkorban Ali Anyang memperjuangkan Kalbar merupakan hijrah moral yang harus dilanjutkan. “Ini harus dicontoh dan perlu diingat,” kata Subhan.
Sekarang, lanjutnya, Armyn kembali melanjutkan perjuangan ayahnya, yaitu memajukan perbatasan Kalbar dengan pertahanan keamanan. “Inilah dia sosok pimpinan Kalbar yang nantinya akan memajukan Kalbar ke arah yang lebih baik,” ujar Subhan.
Hal senada diungkapkan Ir H Burhanuddin A Rasyid, tokoh masyarakat Kabupaten Sambas. Menurutnya, Armyn merupakan sosok Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berjuang memajukan perbatasan Kalbar. Selain itu, sejarah dan ketokohan orang tuanya yang pernah menjabat Ketua DPRD GR Kabupaten Sambas di Singkawang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kabupaten Sambas.
“Langkah Armyn sesuai visi dan misi Kabupaten Sambas memajukan kawasan perbatasan. Ini sudah saya lakukan semasa menjabat Bupati Kabupaten Sambas selama dua periode,” ujar pemilik sapaan pak dhe ini.
Keesokan harinya setelah dari Sambas, Armyn dijadwalkan mengunjungi Kota Singkawang dengan setumpuk kegiatan yang merupakan permintaan dari warga di kota tersebut. (edo)

0 comments:

Post a Comment

Sudahkah Anda Sholat !!!

Karimunting. Powered by Blogger.