Home » » Singkawang Yes Bengkayang No

Singkawang Yes Bengkayang No


Singkawang – Merebaknya kembali keinginan warga Kecamatan Sungai Raya dan Sungai Raya Kepulauan dari Kabupaten Bengkayang, dipertanyakan tiga anggota DPRD setempat, Egarius, Gregorius Gunawan, dan H Sukarta.

“Berbicara mengenai pemerataan pembangunan, Kecamatan Siding, Suti Semarang, dan Lembah Bawang jauh sangat minim. Tetapi warganya tidak ada keinginan memisahkan diri dari Kabupaten Bengkayang. Walaupun hingga saat ini ketiga kecamatan tersebut dicap sebagai daerah terisolasi,” tutur Egarius kepada Equator di kantornya, Senin (13/2).

Makanya Egarius, legislator Partai Demokrat itu menyayangkan teman-teman di dua kecamatan yang berniat hengkang dari Bumi Sebalo. Padahal kue pembangunan yang telah dinikmati termasuk istimewa dibandingkan kecamatan lainnya.

Dia menguraikan, jarak tempuh Sungkung ke ibu kota Bengkayang sekitar 200 km. Parahnya hingga saat ini belum ada jalan beraspal ke Kecamatan Siding. “Bandingkan dengan Kecamatan Sungai Raya yang sudah mulus, bahkan jalur sutra lagi. Tapi warga Sungkung tidak ada yang mau memisahkan diri,” ujarnya.

Terlebih, Kecamatan Siding dan Sungkung khususnya, lebih dekat berbatasan dengan Malaysia. Akses lebih mudah ke Kabupaten Sanggau Kapuas dan Landak, tetapi warga tetap berkeinginan menjadi warga Kabupaten Bengkayang.

“Berbicara mengenai susahnya untuk membuat kartu keluarga dan KTP, itu juga belum sebanding kesulitan warga Sungkung. Untuk membuat surat rekomendasi dari Camat Siding, mereka harus jalan kaki puluhan kilometer baru sampai ke ibu kecamatan. Apa yang paling krusial di Kecamatan Sungai Raya dibandingkan di Kecamatan Siding?” tanya pria asal Sungkung ini.

Legislator dari daerah pemilihan Bengkayang Tiga ini menerangkan, zaman NKRI belum merdeka, jalan dibuat oleh kolonial Belanda. Setelah Indonesia merdeka hingga saat ini jalan menuju Sungkung belum juga dibangun. “Melihat realitas yang ada, kami tetap mau menjadi warga Kabupaten Bengkayang dan tidak berontak. Jadi apa yang diminta oleh warga Kecamatan Sungai Raya,” tanya Egarius.

Senada, Gregorius Gunawan pun mengatakan apabila ada yang mau pindah secara pribadi dipersilakan. Tetapi memprovokasi orang banyak untuk pindah, itu sudah menyalahi aturan perundang-undangan.

“Mengenai fasilitas pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur lainnya, Kecamatan Sungai Raya jauh lebih banyak menikmati hasil pembangunan dibandingkan Kecamatan Siding yang serbakekurangan. Syukur-syukur ada warga Kecamatan Siding yang tamatan SMA,” ungkap pria asal Dusun Sebujit, Kecamatan Siding ini, kemarin.

Perihal musrenbang di Kecamatan Siding, ia menggunakan sepeda motor menuju ibu kecamatan. Apalagi saat ini musim penghujan, dirinya mengakui mau menangis melalui jalan yang belum beraspal. Tetapi kita tidak seperti warga Kecamatan Sungai Raya, kita harus tahu berapa PAD dan APBD Bengkayang.

“Warga Kecamatan Siding apabila ingin ke ibu kota Bengkayang harus merogoh kocek jutaan rupiah untuk biaya transportasi, sedangkan dari Sungai Raya, tidak terlalu besar,” jelasnya.

H Sukarta, anggota DPRD Bengkayang asal Kecamatan Sanggau Ledo, mengatakan alangkah baiknya masyarakat Kecamatan Sungai Raya berdialog dengan anggota DPRD Bengkayang. Apalagi banyak wakil rakyat dari kecamatan tersebut yang duduk di kursi legislatif.

“Saya saja, apabila ada permasalahan di Kecamatan Sanggau Ledo, selalu menjadi tempat pengaduan dan bertanya bagi warga. Apa dan bagaimana seharusnya menyelesaikan masalah. Seharusnya warga Kecamatan Sungai Raya datangi anggota DPRD dari Daerah Pemilihan Bengkayang Dua, minta pendapat dan berdialog dengan mereka,” saran Sukarta, kemarin. tapi kalo kita mengulang masa lalu anggota dewan di atas tidak tau sama sejarah pemekaran kalo kec sei raya dibandingkan dengan kec siding....sebelum pemekaran kami ke ibu kota hanya 54 km,setelah pemekaran kami harus tempuh jarak 127....sedang kan siding kalo blm pemekarankan jaraknya sekitar 275km kalo ke singkawang...berarti mereka uda dapat keuntungan dari pemekaran...sedangkan kami dirugikan pemekaran...jd saya sarankan ke dewan diatas agar wawasannya diperluas....dan saran datangi dewan dapil 2 untuk bahas ini saya rasa percuma...mereka masih ada kepentingan ke bky....

0 comments:

Post a Comment

Sudahkah Anda Sholat !!!

Karimunting. Powered by Blogger.