Home » » 3 Riam Atau Air Terjun Indah yang Ada di Bengkayang

3 Riam Atau Air Terjun Indah yang Ada di Bengkayang

Source: mudika-gerejaku.blogspot.com
Selain menikmati pesona Kota Bengkayang yang hijau dan asri dari Bukit Jamur. Masih banyak lagi tempat wisata indah yang bisa kita datangi. Contohnya adalah 3 riam atau air terjun yang asik untuk dijadikan sebagai tempat untuk bermain air, bahkan di salah satu riam atau air terjun ini kita bisa bermain seluncur. Bukan gemericik air saja yang menjadikan 3 riam ini menjadi terasa sejuk tetapi juga pemandangan hijau yang ada di sekitarnya.Berikut ini adalah 3 riam yang bisa traveler datangi saat berkunjung ke Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.
Riam Merasap
Source: bandit-iseng.blogspot.com
Source: bandit-iseng.blogspot.com
Riam ini terletak di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, tepatnya di Desa Batang Air, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang. Riam ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat berlibur warga Kabupaten Bengkayang saja, tetapi juga warga negara Malaysia karena letaknya hanya sekitar 10 km dari wilayah Malaysia. Tinggi Riam Merasap hanya sekitar 20 meter saja dengan lebar mencapai 8 meter. Banyak yang menyebut Riam Merasap sebagai Niagara di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Dinamakan Riam Merasap karena aliran air terjun yang jatuh menimbulkan percikan serta kabut yang terlihat seperti asap. Letaknya yang berada di tengah hutan tropis Kalimantan menjadikan tempat ini masih sangat alami dan terjaga kondisinya. Riam Merasap merupakan tempat yang sangat tepat didatangi bila sobat traveler sejati ingin mencari tempat yang hijau dan tenang.
Riam Batu Timah
Source: sungaibengkayang.blogspot.com
Source: sungaibengkayang.blogspot.com
Riam yang satu ini terletak sekitar 15 km dari pusat Kota Bengkayang menuju ke arah Lumar. Air yang mengalir deras di Riam Batu Timah ini berasal dari mata air yang berada di Gunung Bawang yang dahulu merupakan pusat dari salah satu kerajaan Dayak yang ada di Kalimantan Barat dan Sarawak, Malaysia. Selain mengalir menuju Riam Batu Timah, air yang berasal dari Gunung Bawang tersebut dijadikan sebagai sumber mata air oleh PDAM Kabupaten Bengkayang menuju ke rumah warga. Riam Batu Timah hanyalah sebuah riam rendah yang bisasanya digunakan untuk bermain seluncur di atas aliran air. Selain bermain seluncur air, di Riam Batu Timah kita juga bisa menikmati keindahan alam yang masih hijau dan segar.

Riam Berawan

Source: sickperson.deviantart.com
Source: sickperson.deviantart.com
Riam Berawan terletak di Dusun Melayan, Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang. Jaraknya sekitar 80 km dari pusat Kota Bengkayang. Riam Barawan mempunyai ketinggian sekitar 75 m dan merupakan salah satu riam tertinggi yang ada di Kabupaten Bengkayang. Riam Barawan bisa dijangkau dari Kota Bengkayang dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat selama kurang lebih 3 jam perjalanan. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan tropis Kalimantan yang masih hijau kurang lebih selama 30 menit.
Nah, pilih untuk mengunjungi riam yang mana dulu nih?
Salam traveler sejati!
(Source : Traveller )

0 comments:

Post a Comment

Sudahkah Anda Sholat !!!

Karimunting. Powered by Blogger.